REFLEKSI EDUKATIKA
Vol 8, No 2 (2018): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2018)

THE MEASUREMENT OF PROFESSIONAL COMPETENCY TO SCHOOL TEACHER’S ACHIEVEMENT AT PGRI UNIVERSITY YOGYAKARTA LABORATORY

Eko Wahyunanto Prihono (Post Graduate Program, Yogyakarta State University)
Supahar Supahar (Post Graduate Program, Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengukur prestasi kerja guru sekolah laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta, dan (2) mendeskripsikan hasil pengukuran prestasi kerja guru sekolah laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta ditinjau dari kompetensi profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas tinggi dan kepala sekolah jenjang sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan angket. Validitas pada instrumen kompetensi profesional menggunakan validitas isi dan valditas konstruk. Adapun estimasi reliabilitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan cronbanch alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian rerata nilai prestasi kerja guru secara keseluruhan  sebesar 71,00 dari rentang skor 0-100 dan (2) terdapat 4 kecamatan dan 18 Sekolah Dasar dengan kategori rendah dalam penilaian prestasi kerja guru sekolah laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Education

Description

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara ...