Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 10, No 1 (2021): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Pembelajaran online masa pandemi covid-19 berbasis grup whatsapp untuk meningkatkan motivasi belajar

Ervan Johan Wicaksana (Universitas Jambi)
Pramana Atmadja (Universitas PGRI Madiun. Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118.)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara online pada masa pandemi Covid-19 pada sistem sirkulasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuesioner berupa Google Form yang dikirimkan melalui WhatsApp Group. Data berupa skala likert dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran online pada materi Sistem Sirkulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis data berdasarkan jawaban siswa pada angket yang telah dibagikan. Menurut mereka, Sistem Peredaran Darah sangat menarik, hal ini dinyatakan oleh 70% siswa yang bersemangat saat mempelajari Sistem Peredaran Darah. Setelah melakukan pembelajaran online melalui WhatsApp Group. 60% siswa memahami materi Sistem Peredaran Darah yang diberikan menggunakan Grup WhatsApp.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...