Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 2 Okt (2021)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP

Nurul Afiyati (SMP Ma’arif Tegalsambi)
Khaeruddin Khaeruddin (Universitas Negeri Makassar)
Satwika Trianti Ngandoh (SMP Negeri 14 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP Ma’arif Tegalsambi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Subjek pada penelitian ini berjumlah 15 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap penyusunan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif diambil dengan teknik tes pilihan ganda dan uraian. Hasil belajar pada siklus I sebesar 53,33%, pada siklus II sebesar 71,42%, dan 86,67% pada siklus III. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar, IPA SMP, PTK, model pembelajaran

Copyrights © 2021