Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 1 No 2 (2012)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

USLIFATUN MUSFIROH (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul berorientasi guided discovery pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA, dan mendeskripsikan kelayakannya ditinjau dari aspek isi, penyajian, dan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan dua tahapan penelitian yaitu tahap validasi teoritik dan validasi empirik. Sumber data diperoleh dari dua dosen Biologi, satu guru Biologi, dan 20 siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan tiga modul yaitu modul 1 tentang komponen sistem peredaran darah, modul 2 tentang alat peredaran darah, dan modul 3 tentang proses dan kelainan/penyakit dalam sistem peredaran darah. Secara validitas teoritik, ketiga modul yang dikembangkan sangat layak, dan berdasarkan validitas empirik ketiga modul direspon baik oleh siswa.   Kata kunci: modul, guided discovery, sistem peredaran darah.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...