Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 8 No 3 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Nindya Pertiwi (Unknown)
Herlina Fitrihidajati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat diajarkan melalui pembelajaran berbasis guided discovery yang membantu peserta didik terlibat secara aktif dan mandiri dalam menemukan konsep, pemahaman, dan pemecahan masalah melalui bimbingan yang diberikan oleh guru. Bahan ajar yang dapat membantu guru dalam membimbing peserta didik menemukan konsep secara mandiri adalah lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Salah satu materi biologi yang cocok diterapkan pada pembelajaran guided discovery adalah materi ekosistem. Hal tersebut dikarenakan materi ekosistem memuat proses sains yang terdiri dari pengetahuan deskriptif, prosedural, dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis guided discovery materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD berdasarkan hasil validasi komponen isi, komponen penyajian, dan komponen kebahasaan LKPD serta mendeskripsikan kepraktisan LKPD berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan LKPD. Paramater yang diukur meliputi validitas LKPD dan keterlaksanaan LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengadaptasi model 4-D (define, design, develop, and disseminate) namun tahap disseminate tidak dilakukan. LKPD yang dikembangkan diujicobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada bulan April 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi dan metode observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi LKPD dan lembar observasi keterlaksanaan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil skor validitas 3,6 dengan kategori sangat valid. LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis berdasarkan persentase hasil keterlaksanaan LKPD sebesar 97,2% dengan kategori sangat praktis. Secara keseluruhan LKPD berbasis guided discovery pada materi ekosistem dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Kata Kunci: LKPD, guided discovery, ekosistem, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...