Journal of Basic Education Research
Vol 1 No 1 (2020): January

Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (Ioc) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Rusliani Rusliani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri di kelas IV C SD Negeri No. 13/I Muara Bulian. Siswa kesulitan dalam menyelesaikan persoalan terkait pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran geometri di kelas IV Sekolah Dasar. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN No. 13/I Muara Bulian yang berjumlah 27 siswa Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran geometri di kelas IV C SD Negeri No. 13/I Muara Bulian

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...