Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 1, No 2 (2016): November

Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah

Permata Ashfi Raihana (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Wiwik Wulandari (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah ada perbedaan status kecerdasan moral pra sekolah dengan status ibu yang bekerja dan ibu rumah tangga dalam. Subyek penelitian adalah anak pra sekolah yang berusia 5-6 tahun di salah satu TK di Klaten yang berjumlah 68 anak. Teknik sampling yang digunakan dengan studi populasi. Pengukuran kecerdasan moral di ukur menggunakan sebuah booklet dengan gambar situasi-situasi yang memerlukan tindakan moral. Analisis yang digunakan adalah dengan T-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan tidak ada perbedaan kecerdasan moral anak ditinjau dari status ibu, baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai pekerja. Hal ini dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis dengan nilai t = 1,080 dengan p=0,285 (p0,05), yang berarti bahwa tidak ada perbedaan pada kecerdasan moral anak usia pra sekolah ditinjau dari status ibu.   Kata kunci : anak pra sekolah, ibu pekerja, ibu rumah tangga, kecerdasan moral, status ibu

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...