Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 4, No 1 (2019): May

Keputusan Menjadi Muslimah

Muna Faiza Amatullah (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nisa Rachmah (Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
M. Darojat Ariyanto (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiayah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Islam adalah agama terbesar kedua dunia setelah Kristen. Beberapa tahun terakhir populasi muslim mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini tidak hanya disebabkan pertumbuhan penduduk namun juga perpindahan agama atau konversi agama. Perpindahan tersebut membutuhkan proses pengambilan keputusan yang kompleks. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami proses pengambilan keputusan pada individu yang melakukan konversi agama atau disebut sebagai mualaf. Penelitian ini difokuskan pada mualaf perempuan usia dewasa awal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan terdiri dari 4 mualaf dengan kriteria 1) perempuan berusia 20-40 tahun; 2) mengikrarkan syahadat tidak lebih dari 3 tahun lalu; 3) keputusan pribadi. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pengambilan keputusan pada keseluruhan informan menggunakan pendekatan intuitif, karena cenderung cepat dan tidak melewati tahap pemilihan alternatif (2) Faktor-faktor yang mendukung proses pengambilan keputusan yaitu (a) kebermanfaatan untuk diri sendiri pada keseluruhan informan; (b) keyakinan pada informan 1 dan 4; (c) kesadaran pada informan 3.Kata kunci: konversi agama; islam; mualaf; pengambilan keputusan; perempuan dewasa awal, Islam is the second largest religion in the world after Christianity, but in the last few years the Muslim population has increased significantly. This increase is not only due to population growth but also conversion. Such transfers require a complex decision making process. The main purpose of this research is to understand the decision-making process of individuals who convert to religion or referred to as converts. This research is focused on converting early adult women. This research is a qualitative research with a phenomenological approach. The informants consisted of 4 converts with criteria 1) women aged 20-40 years; 2) made the creed no more than 3 years ago; 3) personal decision. The method of data collection is in-depth interview. The results of the study show that (1) the decision-making process of all informants uses an intuitive approach, because it tends to be fast and does not pass through the alternative selection stage (2) Some factors that support the decision-making process are (a) usefulness for oneself to all informants; (b) confidence in informants 1 and 4; (c) awareness of the informant 3.Keywords: converts; decision making; early adult women; slam; religious conversion

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...