Jurnal Pendidikan Islam
Vol 5, No 2 (2021): Desember

Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dan Media Jam Dinding Tajwid dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Widiana, Galuh Tisna (Unknown)
Hasunah, Umi (Unknown)
Sari, Dira Dwi Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran mulok Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) di SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan sebanyak 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 1 siswa tuntas dengan rata-rata 42,86 dan prosentase ketuntasan 7,13 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 68,93 dengan prosestase ketuntasan 42,9 % dan siklus 2 meningkat dengan prosentase 100 % dengan rata-rata 90. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...