INDONESIAN JOURNAL OF HEALTH
Vol 2 No 01 (2021): Vol.02 No.01 (Oktober 2021)

Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Asuransi BPJS di Puskesmas Pattallassang

Desi Triutami Saleh (Unknown)
Armanto Makmun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Pada periode Jaminan Kesehatan Nasional( JKN), segala penduduk Indonesia yang terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan( BPJS) berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam penerapannya, pemberian pelayanan kesehatan pada pasien BPJS memakai sistem rujukan berjenjang sesuai dengan kebutuhan medis. Salah satu penanda keberhasilan pelayanan kesehatan yakni kepuasan pasien. Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan asuransi BPJS di Puskesmas Pattallassang sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan ke depannya. Studi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain cross- sectional study. Variabel riset meliputi ukuran pelayanan yang terdiri dari aspek kehandalan, ketanggapan, empati, fasilitas, serta jaminan. Populasi pada studi ini ialah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Pattallassang. Cara pengambilan sampel yakni accidental sampling dan diperoleh 46 responden. Hasil penelitian berupa skor penilaian pasien dianalisis dan dikelompokkan sesuai dengan tingkatannya sehingga diperoleh tingkat kepuasan pada aspek kehandalan 73,5%, ketanggapan 73,7%, empati 73,2%, fasilitas 76,2%, dan jaminan 78,38%. Tingkat kepuasan secara keseluruhan termasuk dalam kategori puas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

INAJOH

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Indonesian Journal of Health is The Journal of Health is a publication of scientific work in the field of health in a broad sense such as public health, nursing, midwifery, medicine, pharmacy, health psychology, nutrition, health technology, health analysis, health information systems, medical ...