Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat

Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Gaya Mengajar Drill Dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah

Muhammad Zaki (Unknown)
Dewi Maya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Permainan bola kaki merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Hampir setiap desa/kelurahan akan dijumpai lapangan bola kaki sebagai olahraga rutin yang dilakukan kelompok masyarakat. Selain itu hampir di setiap sekolah telah memiliki lapangan bola kaki yang digunakan dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani dan kegiatan ekstra kurikuler para siswa. Permainan bola kaki merupakan salah satu aktivitas fisik yang berada dalam kelompok aktivitas permainan olahragaBerdasarkan dari hasil pembahasan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Penerapan gaya mengajar drill dan pendekatan bermain mampu meningkatkan keterampilan teknik dasar shooting dalam permainan sepak bola pada siswa kelas IV-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini sejalan dengan hasil data temuan yang diperoleh peneliti pada kondisi awal pra siklus ke siklus I sampai akhir siklus II. Persentase nilai ketuntasan keterampilan teknik dasar shooting dalam permainan sepak bola siswa kelas kelas IV-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Medan pada kondisi awal pra siklus sebesar (11.77%) atau sejumlah 4 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 34 siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan sebesar (55.88%) atau sejumlah 19 siswa dan pada akhir siklus II meningkat sebesar (85.29%) atau sejumlah 29 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hal ini sejalan dengan adanya peningkatan keterampilan shooting dalam permainan sepak bola siswa kelas IV-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Medan yang ditunjukkan dari keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Copyrights © 2021