JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 12, No 2 (2019): JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika) Volume 12 Nomor 2 Agustus 2019

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI BENTUK TES DAN DISPOSISI MATEMATIS

Maya Oktaviani (Universitas Negeri Jakarta)
Wardani Rahayu (Universitas Negeri Jakarta)
Anan Sutisna (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu tujuan pembelajaran yang penting. Peningkatan kemampuan koneksi matematis dapat dicapai melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan dengan baik melalui latihan soal yang sesuai serta pengenalan karakteristik peserta didik, salah satunya disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel sebanyak 86 peserta didik yang berasal dari dua sekolah. Sampel dibedakan menjadi dua kelompok yang masing-masing diberi latihan soal berbentuk esai dan pilihan ganda. Selanjutnya diberikan instrumen disposisi matematis untuk pengelompokkan disposisi matematis tinggi dan rendah. Pada akhir perlakuan, sampel diberikan instrumen tes yang mengukur kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diberi tes esai lebih baik daripada peserta didik yang diberi tes pilihan ganda dan tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Bentuk Tes, Disposisi Matematis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...