JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 12, No 2 (2019): JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika) Volume 12 Nomor 2 Agustus 2019

PENERAPAN MODEL C-MID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG DI SD

Ulwan Syafrudin (Universitas Lampung)
Edwita Edwita (Universitas Negeri Jakarta)
Melyana Indiarsih (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model C-MID dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang kelas V SDN Lempong Sari. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VB SD Lempongsari. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan antara lain tes evaluasi dan lembar observsi aktivitas belajar siswa. Di dalam penelitian ini terdapat dua siklus dengan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,6% dan siklus II sebesar 83,3%. Dari hasil kedua siklus pada aktivitas belajar siswa terdapat peningkatan signifikan sebesar 11,7%. Hasil tersebut didukung pula oleh peningkatan hasil belajar dari tes tertulis sebagai hasil akhir yang merupakan interpretasi dari pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siklus I perolehan hasil belajar sebesar 26,67% dan siklus II sebesar 66,67%. Dengan demikian disimpulkan bahwasannya adanya peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model C-MID pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN Lempongsari Tahun Ajaran 2018.Kata Kunci: C-MID, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...