Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari curiosity siswa pada pembelajaran mandiri berbantuan mobile Learning. Mobile Learning diwujudkan dalam aplikasi android yang dirancang dengan menggunakan aplikasi App Inventor 2 (AI2. App Inventor 2 (AI2). Subjek diambil enam siswa kelas VII SMP N 1 Sayung. Data diambil dengan teknik tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon siswa terhadap pembelajaran mandiri berbantuan mobile learning sebesar 7,5 dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan variabel curiosity siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada analisis kemampuan berpikir kreatif matematis, siswa kategori curiosity tinggi memenuhi tiga indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, kelenturan, dan keaslian (kreatif). Sedangkan siswa kategori curiosity sedang memenuhi dua indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran dan kelenturan (cukup kreatif) dan ada salah satu siswa kategori curiosity sedang yang hanya memenuhi satu indikator saja (kurang kreatif). Sedangkan siswa kategori curiosity rendah memenuhi satu indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran (kurang kreatif).
Copyrights © 2021