Chemistry in Education
Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019

Keefektifan Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Rahayu, Vian Adi (Unknown)
Haryani, Sri (Unknown)
Dewi, Siti Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Perkembangan IPTEK di abad 21 menuntut siswa memiliki kemampuan dalam berpikir kreatif. Siswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan kreativitasnya. Hasil observasi menunjukkan belum ada instrumen tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan instrumen yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4-D, namun dilakukan sampai tahap 3-D yaitu, define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Banjarnegara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Validitas instrumen divalidasi oleh ahli. Instrumen tes dinyatakan efektif dilihat dari analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan ketercapaian terhadap indikator. Aspek atau indikator kemampuan berpikir kreatif yang dapat terukur menggunakan instrumen tes sebesar 68,666%. Kesimpulannya instrumen tes yang dikembangkan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2019