Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni
Vol. 1 No. 1 (2018): Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni Vol. 1, No. 1, Juni 2018

INOVASI MUSIK KACAPI SEBAGAI WAJAH BARU DARI SAJIAN KESENIAN KACAPI KAWIH (STUDI KASUS TENTANG BENTUK STEMAN DAN ANALISIS KARYA MUSIK KACAPI INOVASI)

denden setiaji (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang perubahan yang terjadi pada kesenian Sunda khususnya pada bentuk penyajian instrumen kacapi dari segi kreativitas dan kualitas. Kacapi inovasi sebagai salah satu bentuk pengembangan kreativitas seniman, merupakan sebuah hasil karya cipta yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang berbeda dari karya-karya kacapi pada umumnya. Hal ini merupakan sebuah inovasi dalam memainkan instrumen kacapi terutama inovasi tentang bentuk steman kacapi. Pembahasan mengenai kontekstual dan tekstual kacapi inovasi akan disajikan melalui analisis karya musik kacapi inovasi yaitu lagu Bulan Priangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

magelaran

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni adalah jurnal Nasional yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember dengan (E-ISSN 2620-8598). Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah tentang : 1. Pendidikan seni 2. Seni Drama 3. Seni Musik 4. Seni Tari 5. Seni Rupa 6. Media Pembelajaran Seni ...