Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan populasi 286 siswa dan sampel 158 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara konsep diri dengan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,648, p = <0,05), kemudian antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri juga memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,350, p = <0,05). Begitu pula antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri juga memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,658 , p = <0,05). Kata kunci : konsep diri; dukungan sosial; penyesuaian diri ABSTRACT This study aims to determine the relationship between self-concept and social support with the self-adjustment of students of class VII SMP either partially or jointly. This study uses correlational quantitative design with a population of 286 students and a sample of 158 students. the sampling technique used is probability sampling. The data analysis techniques using multiple correlation. The results showed that between self-concept and self-adjustment had significant correlation (R = 0,648, p = <0,05), then between social support and self-adjustment also had significant correlation (R = 0,350, p = <0,05 ). Similarly, between self-concept and social support with self-adjustment also has a significant relationship (R = 0.658, p = <0.05). Keyword: self-concept, social support, social support
Copyrights © 2018