Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Model Classroom melalui Pengarahan Konsep Kepala Sekolah di SD Negeri Bugangan 01 Kota Semarang

Peni Peni (SD Negeri Bugangan 01)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengarahan konsep pembelajaran daring oleh kepala sekolah untuk peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan model classroom? dan bagaimana hasil peningkatan kemampuan guru SD Negeri Bugangan 01 dalam menggunakan model classroom setelah dilakukan pengarahan konsep pembelajaran daring oleh kepala sekolah?Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dan data yang digunakan adalah kemampuan guru dalam pembelajaran daring menggunakan media classroom melalui pemahaman konsep kepala sekolah di SD Negeri Bugangan 01 Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SD Negeri SD Negeri Bugangan 01 Kota Semarang yang berjumlah 8 orang.Hasil penelitian ini kemampuan guru dalam pembelajaran daring menggunakan media classroom dari siklus I hasil penelitian dan observasi komponen tampilan media 64%, tampilan bahan ajar 65%, aksesibilitas 74%, kejelasan petunjuk dan navigasi 75 % dan nilai rata rata semua guru 70% masuk pada kriteri cukup sedangkan pada perbaikan siklus II, mengalami peningkatan dalam pembuatan administrasi daring terutama tampilan media 82%, tampilan bahan ajar 81%, aksesibilitas 82%, kejelasan petunjuk dan navigasi 89 % dengan nilai rata rata 84 identifikasi nilai baikPelaksanaan pengarahan konsep pembelajaran daring oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran daring menggunakan model classroom dan hasil pengarahan konsep kepala sekolah guru SD Negeri Bugangan 01menambah kepercayaan diri yang meningkat dan menghasilkan guru yang profesional terutama pada pembelajaran daring dan interaksi terhadap peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...