Journal of Economics, Management, Business And Accounting (JEMBA)
Vol 1 No 1 (2021): Journal of Economics, Management, Business and Accounting

TARIF PAJAK, TINGKAT KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Samsat Kota Cimahi)

Novita Dameanti Sirait (Universitas Komputer Indonesia)
Surtikanti Surtikanti (Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana tarif pajak, kesadaran dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Samsat Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan mengguankan random sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis menghasilkan bahwa tarif pajak berdampak spesifik mengenai kepatuhan wajib pajak, dimana semakin kecil tarif pajak akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Cimahi. Hal ini terbukti dari indikator kesadaran membayar pajak dengan persentase 76,2% dapat diinterpretasikan dalam kategori baik, namun masih terdapat gap sebesar 23,8% yang artinya terdapat masalah pada indikator kesadaran membayar pajak. Tingkat kesadaran Wajib Pajak juga berdampak spesifik mengenai kepatuhan Wajib Pajak, dimana Tingkat Kesadaran Wajib Pajak yang semakin baik terhadap meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Cimahi. Melalui indikator Undang-Undang dan Ketentuan Perpajakan dengan persentase 73,6% dapat diinterpretasikan dalam kategori baik, dan masih terdapat gap sebesar 26,4%. Dan Sanksi Perpajakan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, dimana Sanksi Perpajakan yang semakin baik akan meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Cimahi. Hal ini terbukti dengan indikator Keterlambatan Pembayaran dengan persentase 73,6% dapat diinterpretasikan dalam kategori baik. Kesimpulan Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan berdampak spesifik mengenai Kepatuhan Wajib Pajak di SAMSAT Kota Cimahi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jemba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEMBA (Journal of Economics, Management, Business and Accounting) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia secara periodik dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). JEMBA mempublikasikan tulisan-tulisan dalam bidang ekonomi, manajemen, ...