Celebes Education Review
Vol 3 No 2 (2021): Oktober 2021

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 LAMALA

Anjas Starlen Arota (Unknown)
Lilis Purnanengsi Mas'ud (Amik Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Hasil belajar yang efektif dan menarik apabila proses pembelajaran menggunakan suatu metode belajar yang inovatif dan mudah dipahami oleh peserta didik, yaitu dengan mengggunakan sebuah media pembelajaran berupa e-learning. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata materi alat-alat optik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pada penelitian ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, Test Hasil Belajar (THB), dan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap e-learning berbasis edmodo sangat tinggi, dimana rata-rata nilai N-gain sebesar 0,724. Sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Education

Description

Celebes Education Review merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dengan proses peer review. Menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran, pendidikan vokasi, pengembangan kurikulum, supervisi/manajemen pendidikan, Psikologi Pendidikan ...