JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Vol 3, No 2 (2021)

Pengembangan media pembelajaran teknik passing bawah menggunakan media gambar dalam pada permainan bola voli di smp santa veronika

Aref Vai (Yogyakarta State University)
Jul Ferdi Jawak (Penjaskesrek Universitas Riau,Universitas Riau)
Ni Putu Nita Wijayanti (Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia)
Aulia Gusdernawati (Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penetitian ini adalah untuk mengembangakn media pembelajaran khusus pada materi ajar bola voli yaitu teknik passing dengan media gambar. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk perantara guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa, untuk mengurangi kegagalan dalam komunikasi selama proses pembelajaran berlangsung. Adapaun metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dan langkah-langakah dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ialah satu orang validator materi, satu orang validator media, dan 14 orang siswa pengguna media pembelajaran, penelitian dilaksanakan di Sekolah SMP Santa Veronika. Hasil penelitian pengembangan media gambarĀ  passing bawah pada permainan bola voli yang diuji dengan skala kecil bahwa media ini sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat dijangkau oleh siswa. Dengan catatan masih perlu melakukan pengujian secara kelompok besar dalam penggunaaan media ini untuk mengetahui apakah media pembelajaran ini benar-benar dapat digunakan oleh pengguna secara luas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jope

Publisher

Subject

Education Other

Description

JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil ...