JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Vol 4, No 1 (2021)

Efek bersepeda terhadap proses penuaan pada lanjut usia: Literatur review

Upik Rahmi (Universitas Padjadjaran Universitas Pendidikan Indonesia)
Nova Sylviana (Divisi Fisiologi, Departemen Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran, Jatinangor 45363, Indonesia)
Hanna Goenawan (Divisi Fisiologi, Departemen Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran, Jatinangor 45363, Indonesia)
Setiawan Setiawan (Divisi Fisiologi, Departemen Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran, Jatinangor 45363, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Tujuan  dari literatur review ini  studi analisis artikel efek aktifitas fisik bersepeda (cycling) terhadap proses penuaan (aging prosess).  Metode   dengan menggunakan Databased PubMed,  MEDLINE, sciencedirect dan google scholar. Pencarian artikel menggunakan kata kunci berikut: Elderly, physical activity, cycling, aging, aging process. Artikel maupun kajian yang terbit dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pada jurnal nasional maupun internasional berbahasa inggris yang dapat diakses secara open access. Hasil  analisis didapatkan 14 artikel tentang pengaruh bersepeda terhadap fisiologis proses penuuan (kognitif, cardiovascular, muskuloskeletal, imunologi dan endokrin). Kesimpulan; Aktifitas fisik dapat memperlambat proses penuuan baik pria maupun wanita, pada analisis studi ini telah terbukti aktifitas fisik dengan beresepeda (cycling) dapat memperlambat proses penuuan secara fisiologis (kognitif, cardiovascular, endokrin, muskulosekeletal dan imunologi).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jope

Publisher

Subject

Education Other

Description

JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil ...