Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19

Nur Rochmah Erinawati (SMK Negeri 1 Samigaluh, Kulon Progo, DIY)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan kualitas hidup bangsa. Kualitas hidup bangsa dapat ditingkatkan melalui pembaharuan dalam pendidikan terutama dalam sistematika paradigm, yaitu dengan menerapkan pembelajaran life skill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran life skill di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan best practice. Sampel adalah siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Samigaluh Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi kegiatan life skill siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dilaksanakan dengan mengakumulasikan informasi yang diperoleh dari observasi dan hasil angket, setelah siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran life skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran life skill dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai Pancasila siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Samigaluh Kulon Progo. Ditunjukkan dengan persentase siswa yang melakukan kerjasama dan tolong menolong sebesar 97,2%, saling berbagi sebesar 97,2% dan bersikap rukun dengan teman dan orang-orang disekitarnya sebesar 86,1%. Nilai-nilai Pancasila ini tercermin dalam sikap gotong royong yang dilakukan siswa pada saat pandemic Covid-19 dengan membantu masyarakat yang sedang melakukan karantina mandiri melalui penyediaan kebutuhan pokok. Sikap gotong royong siswa dapat dilihat dari indikator adanya kesediaan siswa untuk bekerjasama dan saling tolong menolong, saling berbagi dan menjalin hubungan dengan teman serta orang-orang disekitarnya dengan rukun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...