Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik

Siti Zaeriyah (SMA Negeri 5 Yogyakarta, DIY)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran daring saat ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan proses belajar tatap muka akibat adanya pandemi COVID-19. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan Project Based Learning (PjBL) media vlog dengan materi senam aerobik di SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII IPS 2 berisi 32 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket motivasi, hasil observasi, hasil catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan hasil perhitungan angket motivasi siswa pada tiap aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbasis vlog dapat meningkatkan motivasi belajar materi senam aerobik untuk siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pada Siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai kategori tinggi sedangkan motivasi belajar siswa pada Siklus 2 mencapai kategori sangat tinggi. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka disimpulkan bahwa pencapaian motivasi belajar siswa pada Siklus 1 baru sebesar 74, 75. Sedangkan pada Siklus 2 pencapaian motivasi belajar siswa sebesar 87, 25 sehingga sudah mencapai keberhasilan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...