JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Vol 20, No 2 (2021): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) MELALUI AKTIVITAS FISIK TERHADAP ACTIVE LIFESTYLE DAN MOTIVASI BELAJAR

Gilang Ginanjar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yudy Hendrayana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tite Juliantine (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)melalui aktivitas fisik terhadap active lifestyle dan motivasi belajar di SMP PGRI Cikembar Sukabumi. Metode Penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan desain penelitian The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP PGRI Cikembar yang berada dikelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random samplingdan didapatkan 28 siswa kelompok kontrol dan 28 siswa kelompok eksperimen.Instrumen yang digunakan ada dua yaitu PAQ-C (Physical Activity Questionnaire for Older Children) dan IMI (Intrinsic Motivation Inventory). Teknik pengumpulan data antara lain tatap muka dilakukan menggunkan aplikasi googlemeet, materi dan tugas gerak diupload di google classroom, dan untuk angket kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhyangpositifdansignifikanantarapendekatan STEMdengan active lifestyle. (2)Terdapatpengaruhyangpositifdansignifikanantarapendekatan STEMdengan motivasi belajar. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) melalui aktivitas fisik terhadap active lifestyle dan motivasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang ...