JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika

Fhemy Verdian (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Muhammad Afta Jadid (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Maya Nurul Rahmani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Fisika dengan berbagai konsep yang masih sulit dipahami, memerlukan sebuah media pembelajaran yang mampu menjelaskan konsep tersebut dengan lebih mudah dan menarik. Keterbatasan media nyata menjadi kendala dalam melaksanakan pembelajaran virtual, sehingga guru membutuhkan media digital sebagai alternatif, salah satunya media simulasi  PhET. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan penggunaan Simulasi PhET. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan media Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. 3) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan penggunaan Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Studi Kepustakaan. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PhET merupakan aplikasi web base learning dengan berbagai materi yang memiliki kemudahan penggunaan serta mampu menjelaskan konsep melalui animasi simulasi dan penggunaan simulasi PhET akan lebih baik jika dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. PhET memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya ialah, efektif digunakan untuk menjelaskan konsep fisika yang bersifat abstrak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...