JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

Rasch Model: Identifikasi Kemampuan Habits Of Mind Peserta Didik SMA

Rahmadhani Mulvia (Universitas Garut)
Sania Ulfa (Prodi Pendidikan Fisika Univeristas Garut)
Widi Nugraha Ady (Prodi Pendidikan Fisika Univeristas Garut)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi kemampuan habits of mind yang dimiliki peserta didik SMA dengan analisis Rasch Model. Habits of mind adalah kemampuan perilaku cerdas paling tinggi yang dimiliki peserta didik sebagai hasil belajar jangka panjang pada proses pembelajaran sehingga dijadikan indikator kesuksesan dalam penyelesaian masalah. Habits of mind terbagi menjadi tiga kategori: berpikir kritis, berpikir kreatif dan regulasi diri. Untuk mencapai tujuan, Rasch Model digunakan untuk menganalisis kemampuan habits of mind peserta didik SMA. Hal ini dikarenakan,  Rasch Model memiliki asumsi invariansi parameter artinya parameter butir soal tidak bergantung pada parameter kemampuan peserta didik dan parameter kemampuan peserta didik tidak bergantung pada parameter butir soal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan partisipan 36 peserta didik SMA yang berumur 16-17 tahun dan dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 15 pernyataan mencakup setiap kategori habits of mind dan dinyatakan layak oleh ahli. Hasilnya, kemampuan habits of mind yang dimiliki peserta didik SMA berbeda untuk setiap kategori. Sebagian besar dari partisipan memiliki habits of mind-berpikir kritis dan habits of mind-berpikir kreatif di atas rata-rata dibandingkan habits of mind-regulasi diri. Oleh karena itu, untuk meningkatkan habits of mind dapat melalui pembelajaran dengan strategi asesmen formatif yaitu feedback, self-assessment dan peer-assessment.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...