Journal of Industrial View
Vol 1, No 1 (2019): May 2019

VOICE OF CUSTOMER SEBAGAI SARANA IDENTIFIKASI KEINGINAN CUSTOMER SOUVENIR PERNIKAHAN

Fenda Ramadhani (University of Merdeka Malang)
Aldian Hendardi Nugroho (Program Studi Teknik Industri,Universitas Merdeka Malang)
Aang Fajar Passa Putra (Program Studi Teknik Industri,Universitas Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
15 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kebutuhan pelanggan melalui skema Voice of Customer. Dengan adanya hasil identifikasi kebutuhan pelanggan ini, diharapkan pelaku usaha dapat melakukan forecast yang lebih akurat terhadap permintaan pasar akan souvenir pernikahan. Identifikasi kebutuhan pelanggan dilakukan dengan menggunakan Voice of customer. Voice of customer diidentifikasi dengan melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia 23-30 tahun. Setelah melakukan wawancara dengan responden dengan rentang usia siap menikah, hasil dari wawancara tersebut dipetakan dalam customer statement dan need statement. Dari customer statement dan need statement, dibangun hierarki dimensi kualitas dariĀ  produk, yaitu primary, secondary dan dimensi produk. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis need statement dan membangun dimensi produk adalah elaborasi hasil wawancara. Variabel yang berpengaruh terhadap keinginan konsumen terhadap desain dari souvenir pernikahan gantungan kunci antara lain performance, conformance, relialbility dan aesthetics.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial View (JIV),is a scientific periodical of the Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang, which includes a variety of research in the field of industrial engineering, or the analysis of actual case studies. Journal of Industrial View (JIV) is formed since 2019 and many ...