Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas selama Pembelajaran Covid-19 pada Anak Usia Dini

Yolanda Pahrul (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Joni Joni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Leli Marlina (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Kemampuan mangelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas selama pembelajaran masa pandemi Covid-19 di TK Bunga Teratai Kec. Tapung Kab. Kampar. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Informan adalah 3 orang guru. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru TK Bunga Teratai telah memimiliki kemampuan mengelola kelas hal ini terlihat dari pengaturan yang berhubungan dengan tingkah laku, kedisiplinan, perhatian, minat belajar, dan dinamika kelompok. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah selama pembelajaran masa pandemi Covid-19 pihak sekolah hendaknya mempersiapkan fasilitas selama covid-19 ini, seperti kecukupan cairan disinfektan, sabun cuci tangan, air bersih di setiap fasilitas, dan hand sanitizer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...