Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 2 No. 2: Juli 2019

PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rosselina Tria Andanik (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Meita Fitrianawati (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun yang berjumlah 66 peserta didik. Variabel yang diteliti yaitu keterampilan membaca pemahaman (Variabel X) dan kemampuan pemecahan soal cerita Matematika (Variabel Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan juga menggunakan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan korelasi pearson dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diolah menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi pearson menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 1,500 + 0,612X. Untuk Pearson Correlation diperoleh sebesar 0,746 sehingga jika dilihat dari pedoman derajat hubungan yang sudah tertera, pearson correlationnya adalah berkorelasi kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika dengan derajat hubungan korelasi kuat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...