Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 2 No. 3: November 2019

PENINGKATAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TIPE AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION)

Esti Kurnia (Universitas Ahmad Dahlan)
Meita Fitrianawati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini di latar belakangi yaitu masih menggunakan model pembelajaran ceramah dimana guru menjelaskan materi di depan kelas lalu memberi contoh soal kepada siswa. Selain itu, dapat dilihat bahwa suasana pembelajaran di kelas masih kurang kondunsif. Siswa masih kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan untuk prestasi belajar dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang menunjukkan nilai rata-rata siswa masih banyak yang belum mendapatkan nilai dibatas yang ditentukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus ada dua kali pertemuan, sehingga dalam penelitian ini ada empat kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa, dan objek penelitian yaitu disposisi matematis dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I dari aspek disposisi matematis yang mencapai 48,72% pada siklus I meningkat menjadi 61,815% pada siklus II. Rata-rata kelas pada siklus I yang semula 69,04% menjadi 87,68% pada siklus II. Serta ketuntasan klasikal mencapai 68% pada siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian selama siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan disposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...