Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 4, No 1 (2022)

ANALISIS GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED

Parida Nurfadilah (Unknown)
Ekasatya Aldila Afriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pada saat proses penyelesaian masalah matematika secara spontan siswa melakukan gerakan tubuh yang disebut gesture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gesture yang digunakan dalam menyelesaikan soal open-ended. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes soal, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2020/2021 yang berada di Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut yang berjumlah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian sangat tinggi menggunakan gesture ikonik 58 gesture, gesture metaforik 7, dan gesture deiktik 37. Kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian tinggi menggunakan gesture ikonik 45, gesture metaforik 8, dan gesture deiktik 43. Dan kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian sedang menggunakan gesture ikonik 41, gesture metaforik 2, dan gesture deiktik 29. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...