Tujuan penelitian pengembangan ini diharapkan akan menghasilkan suatu paket produk pengembangan berupa model pembelajaran: 1). Perangkat pembelajaran, 2). Pedoman penilaian/evaluasi pembelajaran, 3). Pedoman untuk pengembangan pembelajaran, 4). Menghasilkan model pembelajaran berbasis game yang di adopsi dari monopoli, 5). Pengembangan model didasarkan pada identifikasi karakteristik siswa pada usianya yang telah mencapai tahap operasional formal dari sisi perkembangan kognitif, 6). Pengembangan model didasarkan pada identifkasi tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kurikulum yang telah diterapkan yaitu pengembangan materi dari kurikulum 2013, 7). Model pembelajaran fokus pada satu materi yaitu kurs valuta asing, dan tidak dapat diterapkan model yang sama untuk materi pelajaran yang lainnyaSetelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli, uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut, model pembelajaran sangat valid, menarik, dan efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 100%, validasi ahli media pembelajaran diperoleh skor rata - rata sebesar 97.5%.Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 89,76% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79,66%.Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut model pembelajaran yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Copyrights © 2018