Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020

THARIQAH CIRC WA FA’ALIYYATU ISTIKHDAMIHA FI TA’LIMI AL-QIRAAT BI MTSN 1 LANGSA

Nurul Hayati (Institut Agama Islam Negeri Langsa)
Meutia Rahmah (Institut Agama Islam Negeri Langsa)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2021

Abstract

Pembelajaran membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang penting yang harus dipahami oleh setiap pelajar bahasa asing untuk meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di sekolah bahwaada banyak masalah siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran membaca diantaranya, siswa tidak dapat membaca teks, siswa tidak dapat memahami isi bacaan bahkan ketika guru memberikan pertanyaan dalam bahasa arab mereka tidak mampu menjawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (one group pre test - post test). Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang dilakukan dengan 2 tahap yaitu Pre Test dan Post Test. Sesudah peneliti melakukan penelitian maka hasil penelitian ini adalah penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran qiraah efektif, hal ini dibuktikan t hitunglebih besar dari t tabelyaitu 2,5>2,00 dan kemampuan siswa dalam pembelajaran qiraah dengan menggunakan metode CIRC di MTsN 1 Langsa mengalami peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intisyar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL INTISYAR: Jurnal Bahasa Arab emphasizes specifications in the discourse of Arabic. AL INTISYAR invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of Arabic from a wide range of ...