Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman, 2) pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan membaca pemahaman, 3) interaksi strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Serdang 07 dengan populasi 112 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 56 siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang terdiri dari data dan mind mapping dan efikasi diri, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan membaca pemahaman. Pengukuran variabel dilakukan menggunakan tes dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif normalitas, homogenitas dan anava dua jalur. Untuk analisis deskriptif menggunakan excel for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca pemahaman dipengaruhi oleh strategi pembelajaran. 2) Efikasi diri tidak mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa. 3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri.
Copyrights © 2021