Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fenomena online fitness coaching di era revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan dua teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dilaksanakan dalam empat tahap yaitu: tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa online fitness coaching merupakan inovasi baru dalam dunia olahraga dimana sebagian besar peminatnya ingin memiliki tubuh ideal. Mekanisme online fitness coaching cukup sederhana, intinya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dengan trainer yang sudah menyiapkan program khusus sesuai kebutuhan. Program latihannya bervariasi baik dimulai ditempat gym ataupun gerakan-gerakan bodyweight yang dapat dilakukan dimana saja. Dikarenakan peminat dari metode online fitness coaching ini adalah masyarakat yang menginginkan tubuh ideal, tentunya ada perbedaan jenis program antara satu orang dengan yang lainnya. Kebutuhan akan nutrisi dan jenis latihan biasanya ditentukan oleh jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan dan jenis aktivitas sehari-hari.
Copyrights © 2021