Jurnal Manajemen
Vol 7, No 2 (2021)

Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kabupaten Jepara

Mengku Marhendi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Henry Yuliamir (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Enik Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Jepara. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara dengan melibatkan sebanyak enam informan. Metode analisis yang digunakan yaitu SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Berdasarkan hasil perhitungan Internal Strategic Factors Analysis Summary dan Eksternal Strategic Factors Analysis Summary diperoleh informasi penting bahwa posisi kuadran I. Posisi kuadran ini menghasilkan rekomendasi strategi progresif, menandakan bahwa kepariwisataan Kabupaten Jepara dalam kondisi yang prima dan berpeluang untuk melakukan ekspansi, mengembangkan serta memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Jepara.Kata Kunci: SWOT, Pengembangan Kepariwisata, IFAS, EFAS. Abstract This research was conducted to determine the tourism development strategy in Jepara Regency. The research data was obtained through interview techniques involving six informants. The analytical method used is SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Based on the calculation results of Internal Strategic Factors Analysis Summary and External Strategic Factors Analysis Summary, important information is obtained that the position of quadrant I. This quadrant position produces progressive strategy recommendations, indicating that tourism in Jepara Regency is in excellent condition and has the opportunity to expand, develop and advance the tourism sector in the district of Jepara.Keywords: SWOT, Tourism Development, IFAS, EFAS.

Copyrights © 2021