SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal SeBaSa

BROCA’S APHASIA LANGUAGE DISORDER AT 24 YEARS OLD: PHONOLOGICAL STUDIES

Maura Frilicia (Universitas Singaperbang Karawang)
Hendra Setiawan (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan gangguan berbahasa penderita afasia Broca untuk mengetahui faktor utamanya terhadap tingkat kepercayaan diri dalam berbicara. Subjek penelitian yaitu orang dewasa berusia 24 tahun dan objek penelitian yaitu orang yang penderita afasia dengan kategori afasia Broca. Teori penelitian ini menggunakan kajian fonologi untuk pengantar analisis gangguan berbahasa dalam bidang psikolinguistik sebagai bentuk tulisan berdasarkan fonetik dan fonemik sehingga dalam tulisan diketahui bagian yang terjadinya afasia Broca terhadap ujaran subjek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik wawancara, serta peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian ini mengetahui untuk fonem-fonem yang terkandung afasia Broca dengan kategori; huruf konsonan /K/, /S/, suku kata ulang, bunyi awal ujaran, bunyi pertengahan dan/atau akhir ujaran.Keywords: Afasia Broca, Fonologi, Fonemik, Fonem, Psikolinguistik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...