Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang bahwa MTs dijadikan sebagai second choice (pilihan kedua) setelah sekolah negeri. Hal ini disebabkan karena adanya sekolah negeri yang berjarak dengan dengan MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang yang menawarkan keunggulan fasilitas, sehingga menyebabkan adanya suatu persaingan yang menjadi tantangan dalam merekrut calon siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen pemasaran jasa di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 2) citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 3) apakah ada pengaruh manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Instrument kuesioner dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, teknik korelasi dan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas manajemen pemasaran jasa (X) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 50-54 dengan nilai rata – rata 53,10. Sedangkan kualitas citra lembaga pendidikan (Y) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 48 – 52 dengan nilai rata – rata 51,09. Adapun hasil analisisnya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 81,691.Berdasarkan hasil perhitungan ini, maka hipotesis kerja yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang” diterima.
Copyrights © 2021