Pandemi covid-19 mengubah wajah pendidikan di Indonesia, perubahan kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pemerintah dan guru telah berusaha agar pembelajaran selama pandemi dapat tetap berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problema pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 melalui whatsapp group. Penelitian ini dilakukan di kelas VII.8 SMP Negeri 20 Pekanbaru sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket respon siswa, rekapitulasi tugas siswa, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa banyak problema yang dihadapi guru dan siswa selama melakukan pembelajaran matematika melalui whatsapp group. Kendala yang dihadapi guru adalah sulitnya mengawasi pengerjaan tugas siswa karena tidak dilakukan secara langsung sehingga banyak jawaban tugas siswa yang mirip dengan jawaban siswa lainnya, selain itu siswa juga kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi siswa berupa kuota internet yang terbatas, jaringan internet yang buruk, siswa kesulitan memahami materi pelajaran, serta kurangnya semangat dan motivasi belajar siswa. Untuk membantu pelaksanaan pembelajaran matematika di masa pandemi sebaiknya dikombinasikan dengan bahan ajar dan media pembelajaran lain berbasis digital.
Copyrights © 2021