Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi spasial mahasiswa, penelitian dilakukan di STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan melibatkan 160 mahasiswa pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kecerdasan spasial merupakan suatu komponen yang penting dikembangkan dalam pembelajaran dimana dapat melatih keterampilan pengambilan keputusan ketika menghadapi permasalahan di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey dengan skala likert. Adapun analisis data yang dilakukan adalah menggunakan persentase data, kemudian menginterpretasi skor persentase dan melakukan analisis mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi spasial mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar di STKIP Muhammadiyah Kuningan berkategori tinggi, hal itu didapatkan dari skor persentase literasi spasial tersebut yang berjumlah 78,73 %. Berdasarkan kategori tersebut maka tingkat literasi spasial mahasiswa memiliki kategori tinggi. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan literasi spasial mahasiswa dalam pembelajaran di perguruan tinggi guna mendukung sistem belajar yang dapat meningkatkan literasi spasial mahasiswa.
Copyrights © 2021