Terwujudnya karakter generasi yang mampu menghadapi berbagai tantangan merupakan amanah pendidikan yang dituangkan dalam Kurikulum 2013. Terbentuknya karakter yang diharapkan dapat diwujudkan dengan proses pembelajaran yang tepat. Pembelajaran kolaboratif yang didasarkan pada konstruktivis sosial dapat mendorong terbentuknya karakter yang diharapkan. Pembelajaran kolaboratif juga memfasilitasi terbentuknya inisiatif, kreatifitas, kemampuan berpikir kritis, dan dialog pada siswa ketika membentuk pemahaman. Pemahaman yang kuat akan terbentuk dengan proses berpikir secara hierarkis yang ditopang oleh argumen-argumen yang kuat. Pola pembentukan pemahaman demikian diberikan oleh pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika secara khusus juga mewujudkan karakter yang melekat pada matematika. Walhasil, pembelajaran matematika dengan proses kolaboratif yang berkesinambungan akan mampu membentuk generasi yang memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
Copyrights © 2016