MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 8 No 2 (2021): September

Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Sekolah Dasar

Nurul Agustin (STAI Al-Azhar Menganti Gresik)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SD Al-Muslim Surabaya, dengan menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan 3 siklus yaitu siklus I sampai siklus III. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun variabel bebas pada penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Creative Problem Solving, dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I mencapai siklus I dengan rata-rata 65,35 dengan Prosentase 36% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 78,90 dengan Prosentase 60% Dan Siklus III dengan rata-rata 89,97 dengan Prosentase 93%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dengan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dan saling bertukar pendapat antar teman sehingga berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran dapat berkembang meningkat.

Copyrights © 2021