Jurnal Menssana
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal MensSana

Inklusi Berbasis Blended Learning Bagaimana Efeknya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Disabilitas?

Adi Rahadian (Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekareasi, Universitas Suryakancana, Indonesia)
Edi Setiawan (Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekareasi, Universitas Halu Oleo, Indonesia.)
Hasanuddin Jumareng (Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekareasi, Universitas Halu Oleo, Indonesia.)
Ervan Kastrena (Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekareasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ruslan Abdul Gani (Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekareasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar pendidikan jasmani pada anak disabilitas di era COVID-19 merupakan faktor utama yang harus di atasi segera mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek inklusi berbasis blended learning terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa disabilitas selama COVID-19. Penelitian ini menggunakan metodologi yang bersifat pre eksperimen. Subjek sebanyak N=30 siswa yang berjenis kelamin laki-laki bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan teknik analisis data menggunakan IBM SPSS versis 25.0 untuk mencari deskriptif statistik, normalitas, homogenitas dan ANOVA yang berfungsi untuk melihat perbedaan skor pre-test dan post-test hasil belajar pendidikan jasmani pada anak disabilitas. Taraf signifikansi menggunakan 0.05. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran inklusi berbasis blended learning yang di integrasikan dalam pendidikan jasmani secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pada anak disabilitas dalam waktu 5 minggu. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran inklusi berbasis blended learning menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan di era pandemi COVID-19 sebagai upaya merubah hasil belajar pendidikan jasmani yang rendah menjadi lebih tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga. ...