Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 5, No 1 (2021): Perspektif Komunikasi

PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI SPECIAL EVENT BUMI RUMAH KITA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS

Safira Hasna (Universitas Al Azhar Indonesia
Jl. Sisingamangaraja No. 2
Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Dengan berkembangnya konsep pemasaran ke arah pemasaran sosial; event banyak digunakan untuk berbagai tujuan; Special event memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan; pengalaman menawarkan peluang tambahan untuk mengkomunikasikan perhatian pada isu-isu yang dibawa oleh pemasaran sosial yaitu untuk perubahan perilaku yang bermanfaat bagi masyarakat luas contohnya perilaku ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang; sebagai brand fashion menggunakan tekstil daur ulang yang terbuat dari limbah pra-konsumsi yang diproses menjadi bahan baru sehingga sifatnya ramah lingkungan memiliki tagline kampanye #sejauhmanakamupeduli yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran publik akan isu lingkungan; kampanye pemasaran sosial yang digunakan oleh Sejauh Mata Memandang adalah dengan mengadakan special event berupa public exhibition ‘Bumi Rumah Kita’. Inisiatif Sejauh Mata Memandang (SMM) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi sampah; khususnya sampah tekstil; ditunjukkan dalam pameran tersebut. Oleh karena itu; penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita yang diselenggarakan oleh Sejauh Mata Memandang dalam meningkatkan public awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pengunjung pameran Bumi Rumah Kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita dapat membuat pengunjung lebih sadar akan isu lingkungan dan pengelolaan limbah / sampah. Kampanye yang disampaikan melalui special event dapat membantu terciptanya tujuan pemasaran sosial Sejauh Mata Memandang (SMM) sebagai produk tekstil berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...