Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Pada dasarnya kedisiplinan siswa sangat berperan dalam proses pembelajaran sebagai tolak ukur perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peran pengawasan orang tua selama periode pandemi Covid-19 mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian kuantitatif komparatif, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap variabel yang ditentukan. Sumber penelitian adalah siswa kelas VII SMP Al-Falah Babelan yang berjumlah 35 siswa. Dengan hasil penelitian pengaruh pengawasan orang tua terhadap disiplin belajar siswa signifikan antara variabel X (Pengawasan Orang Tua ) Terhadap Variabel Y (Disiplin Belajar Siswa). Dibuktikan dengan nilai sig = 0,043 < 0,05 dan F-hitung =4,449.
Copyrights © 2021