Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mediapembelajaran ular tangga pada mata pelajaran ekonomi pada siswakelas X IPS SMA Muhmmadiyah 1 Metro dengan materi lembaga jasakeuangan di Indonesia dan penelitian ini juga bertujuan untukmenghasilkan media pembelajaran yang valid. Penelitian inimerupakan penelitian Research and Development (R & D) denganmodel pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development,Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkanbahwa media pembelajaran ular tangga layak untuk digunakan dalampembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis diperoleh skorrata-rata ahli materi 4,1 dan ahli media mendapatkan skor rata-rata4,1 dengan kategori “Layak”. Uji coba kelompok kecil pada 29 siswamemperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan kategori “Sangat Layak”.Media pembelajaran tangga ular yang dikembangkan penelitimempunyai keunggulan memiliki kartu yang tidak hanya materi dankartu tetapi juga kartu motivasi. Kelemahan produk hanya terbataspada satu bahan. Saran pemanfaatan produk tingkat lanjut agarsemua pihak yang ingin mengembangkan produk ini dapatmenambahkan bahan lain agar lebih komprehensif.
Copyrights © 2020