Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII IPS TERPADU SEMESTER GANJIL MTs AL- ISLAH SUKADAMAI NATAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Gunawan Pranata Utama (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)
Heri Supranoto (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada matapelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosespembelajaran yang menerapkan langkah-langkah modelpembelajaran Means-Ends Anlysis (MEA) dan pemberian pre-test danpost-test untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilanberpikir kritis siswa. Kegiatan pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasiluji kesamaan dua hasil rata-rata diperoleh t hitung = 2,1201 dan ttabel = 2,0040 maka t hitung> t tabel sehingga H0 ditolak. Artinyarata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) tidak sama dengan ratarata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran konvensional. Selain itu, pengaruh model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap keterampilan berpikir kritissiswa dapat dilihat pada perbandingan hasil pre-test dan post-test,54% meningkat menjadi 78,2% dan meningkat rata-rata 5 indikatorketerampilan sosial dari 53% meningkat menjadi 78,27%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...