Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada matapelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosespembelajaran yang menerapkan langkah-langkah modelpembelajaran Means-Ends Anlysis (MEA) dan pemberian pre-test danpost-test untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilanberpikir kritis siswa. Kegiatan pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasiluji kesamaan dua hasil rata-rata diperoleh t hitung = 2,1201 dan ttabel = 2,0040 maka t hitung> t tabel sehingga H0 ditolak. Artinyarata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) tidak sama dengan ratarata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modelpembelajaran konvensional. Selain itu, pengaruh model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap keterampilan berpikir kritissiswa dapat dilihat pada perbandingan hasil pre-test dan post-test,54% meningkat menjadi 78,2% dan meningkat rata-rata 5 indikatorketerampilan sosial dari 53% meningkat menjadi 78,27%.
Copyrights © 2020