JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Bibliometrik Tren Publikasi dan Tingkat Kolaborasi pada Model Situation-Based Learning (2010-2019)

Haryani, Cici Sri (Unknown)
Sudin, Ali (Unknown)
Isrokatun, I (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Tujuan dari analisis bibliometrik ini adalah untuk mengidentifikasi jurnal publikasi tentang model Situation-Based Learning atau SBL tahun 2010-2019. Data studi penelitian dikumpulkan dan dianalisis melalui empat tahap: (1) jurnal dari database Scopus dan dicari melalui bantuan Perangkat lunak PoP (Publish or Perish); (2) jurnal yang difilter melalui Microsoft Excel; (3) memeriksa dan atribut kelengkapan  jurnal; dan (4) melakukan analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer dan Perangkat lunak Microsoft Excel. Hasil analisis studi bibliometri ini adalah trend publikasi model publikasi jurnal SBL dan analisis berdasarkan kolaborasi antara penulis. Hasil penelitian menunjukkan keterbatasan jurnal publikasi yang benar-benar memenuhi kriteria bersinggungan dengan model pembelajaran dan pembelajaran berbasis situasi ini menciptakan peluang bagi peneliti untuk dapat mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran SBL.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...