JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa melalui Model Pembelajaran RADEC Berbasis Whatsapp Group pada Materi Siklus Air

Agustina, Siti (Unknown)
Sudin, Ali (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif sebagai keterampilan 4C abad 21 dan penguasaan konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran, berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa sebelum dan setelah melalui model pembelajaran RADEC berbasis Whatsapp group. Partisipan penelitian adalah siswa kelas V SDN Cilengkrang di Kecamatan Sumedang Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui model pembelajaran RADEC berbasis Whatsapp group. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essay berpikir kreatif dan penguasaan konsep. Penelitian ini mendapatkan hasil: (1) Proses pembelajaran setelah melalui model RADEC berbasis Whatsapp group lebih efektif dari sebelumnya. (2) Berpikir kreatif setelah melalui model RADEC berbasis Whatsapp group mengalami peningkatan dari yang sebelumnya ada tiga (15%) siswa tergolong “Sangat Kreatif” menjadi empat belas (70%) siswa. (3) Penguasaan konsep setelah melalui model RADEC berbasis Whatsapp group mengalami peningkatan sebelumnya ada empat (20%) siswa tergolong “Paham Konsep” menjadi tiga belas (65%) siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...